Produk Terlaris

 

Produk Terbaru

Blackmores conceive well men
Isi 28 capsules

Updated: 20 Oct 2016

 

Review


INNER BEAUTY COLLAGEN PLUS SPRING LEAF. RECOMMENDED!


Score:

 

Banner Ads




Berita Terbaru - Minggu, 13/10/2013 07:28

Ini yang Harus Dilakukan Saat Si Kecil Mulai Belajar Bicara

Semua orang tua pasti sangat bahagia ketika buah hatinya bisa berbicara untuk pertama kali.

Mendengar kata ‘mama’ dan ‘papa’ saja sudah menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka. Tapi, sebaiknya orang tua juga harus menjaga supaya si kecil tidak melakukan kesalahan yang bisa mempengaruhi proses bicaranya kelak.

Berikut ini beberapa tindakan pencegahan yang perlu dilakukan orang tua ketika si anak mulai berbicara agar ia bisa mengucapkan kata-kata yang baik dan proses tumbuh kembangnya pun tak terganggu.

1.       Tidak ada bahasa bayi

Anda tahu mengapa mayoritas balita gagap atau memiliki masalah terkait vokal mereka saat mengucapkan kata-kata? Hal ini karena orang tua, kakek, nenek, dan orang di sekitarnya mendorong mereka untuk bicara ‘bahasa bayi’. Misalnya saja huruf ‘R’ yang sengaja diucapkan tidak jelas hingga seperti orang cadel mungkin terdengar manis bagi Anda. Tapi, bagi si kecil, itu justru menjadi pelajaran berharga yang harus ia tiru.

 

2.       Persoalan bahasa

Balita di India, diajari minimal dua bahasa. Mungkin Anda sebagai orang tua menganggap bahwa belajar dua bahasa sekaligus bisa membingungkan anak ketika ia mulai bicara. Tapi nyatanya, balita memiliki kapasitas besar untuk belajar bahasa. Yang perlu diperhatikan, Anda perlu berbicara dengannya hanya dalam satu bahasa. Jangan mencoba mencampur dua bahasa sekaligus saat berbicara dengan si kecil.

 

3.       Jangan ucapkan bahasa kasar

Balita akan menyerap semua informasi yang mereka lihat dan dengarkan, termasuk kata-kata yang Anda ucapkan. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika sedang berbicara dengan orang di rumah atau ketika menelepon Anda tak sengaja mengeluarkan kata-kata kasar atau kotor. Jika Anda sering mengeluarkan kata-kata itu jangan heran suatu hari si kecil akan meniru apa yang Anda katakan.

 

4.       Perhatikan apa yang ia tonton

Anda juga harus berhati-hati terhadap tayangan yang disaksikan anak atau yang ia dengar di media saat mulai bisa bicara. Saat ini, banyak anak-anak yang menggunakan beberapa bahasa yang tidak benar dan itu semua mereka peroleh dari televisi atau media lainnya. Jangan menonton acara televisi untuk orang dewasa, termasuk mendengarkan lagu-lagu untuk orang dewasa, saat anak berada di sekitar Anda.

 

5.       Mulai pendidikan sekarang

Setelah anak mulai berbicara, Anda perlu mengajarinya beberapa pendidikan dasar. Misalnya ajari mereka alphabet dasar secara lisan atau mulai bacakan cerita dan ajak ia menyanyikan lagu anak-anak. Hal itu bisa memberi bibit pendidikan bagi anak-anak. Pengaruh yang baik memang membutuhkan waktu lama untuk bisa diserap anak-anak tapi hal yang buruk justru lebih mudah untuk mereka pelajari.

Kirim ke Teman     Cetak halaman ini